// Archive list // 2006 July // 25 // category: Life

RSS rss button

25/07/06

Bontang, Kota kecil yang bersih dan ancaman besar dibaliknya

Beberapa hari yang lalu (lebih tepat seminggu yang lalu) saya pergi ke Bontang karena pekerjaan. Karena saya belum pernah ke sana, maka bagi saya, perjalanan kali ini terasa lebih mengasikkan, saya bisa melihat-melihat kota baru yang sebenarnya tidak pernah terlintas untuk dikunjungi. Salah satu hal yang selama ini saya dengar mengenai kalimantan Timur, tepatnya Balikpapan dan Bontang adalah masalah kebersihannya. Kedua kota ini terkenal akan kebersihannya yang jauh melebihi kebersihan kota Bandung dan bahkan jakarta secara keseluruhan. Sepinggan, Balikpapan
Begitu saya turun dari pesawat, saya disambut oleh bangunan Bandara Internasional Sepinggan. Sebuah bandara yang menurut saya lumayan megah untuk sebuah bandara di daerah, bahkan saya bisa bilang bahwa bandara ini sedikit lebih megah daripada bandara Bali (Ngurah Rai?). Perjalanan saya di Balikpapan memang tidak lama, karena saya hanya transit disini sebelum meneruskan perjalanan ke Bontang. Tapi walaupun sebentar, satu hal yang bisa saya pastikan adalah mengenai kebersihannya, serius, kota ini memang luar biasa bersih, lebih bersih dari Jakarta, dan jauh lebih bersih dari Bandung, kebetulan saat saya dijalan saya sempat pas-pasan dengan tim kebersihan kotanya yang sudah dilengkapi mobil pembersih jalanan, dan yang lebih hebat lagi seingat saya saat itu sekitar jam 11-12 siang, speaking about dedication huh.

Bontang
Bontang dan pemandangan laut
Berangkat sekitar jam 3 dari Balikpapan, saya tiba di Bontang 40 menit kemudian lewat jalur udara (kalau menggunakan jalur darat, siap-siap melakukan perjalanan sekitar 5 jam), setelah itu saya langsung menuju ke Hotel. Disini saya juga menyaksikan betapa bersihnya kota Bontang. Kota Bontang memang kecil dengan populasi sekitar 100.000 sampai 150.000 orang. Tapi dengan jalannya yang tanpa bolong-bolong seperti *uhuk* Bandung, dan rapihnya trotoar disini, tampaknya memang pemerintah daerah terlihat serius mengembangkan kota Bontang. Menurut beberapa orang yang saya temui, perkembangan kota Bontang seperti yang saya lihat, baru berjalan beberapa tahun terakhir setelah adanya otonomi daerah. Sebelum adanya otonomi daerah, banyak orang bilang Bontang seperti tidak ada yang ngurus, beberapa perusahaan yang established disini memang melakukan banyak pengembangan fasilitas seperti golf, atau kolam renang, tapi hanya didalam area perusahaan itu sendiri dan memang ditujukan untuk pegawainya sendiri.

Makan kepiting!!
Kepiting yang besar!
Bontang yang berada di tepi laut, menghadap ke selat makasar menyebabkan makanan laut disini berlimpah ruah, dan seperti yang saya duga, makanan laut seperti kepiting dan udang yang di Jakarta berharga mahal bisa dibeli dengan harga sangat miring disini. Karena memang saya dari dulu sangat menyukai kepiting, maka saya selalu memesan kepiting dimanapun saya makan, mulai dari kepiting asam manis
Sisa pertempuran
(yang lebih tepat disebut asam manis pedas sekali) sampai kepiting bumbu lada :), dan untuk membuat kalian semua iri, kepiting disini besar-besar, kira-kira luas penampangnya selebar kertas A4, tidak lupa saya juga memesan berbagai macam udang sebesar setengah lengan manusia, hehe, bagi yang menyukai makanan laut, disinilah surga makanan laut dengan harga sangat murah. Anda tidak akan percaya dengan harganya.

Bontang dan gas
Skematik Bontang
Bontang sekarang
Bila kita merunut kembali kepada sejarahnya, kota Bontang baru muncul setelah adanya eksplorasi oleh perusahaan konsorsium nasional dan internasional. Pada mulanya Bontang itu adalah tempat perusahaan gas berada. Tidak lama kemudian muncul perusahaan pupuk, amonia, melamin dan beberapa perusahaan lain yang memakai suplai gas dari perusahan konsorsium tersebut. Dari berkumpulnya perusahaan- perusahaan ini maka perlahan mulai banyak orang datang ke Bontang yang mencari penghasilan dengan menjual berbagai barang kepada pegawai perusahaan. Dari sinilah perlahan kota Bontang berdiri.Ketergantungan kota Bontang kepada perusahaan-perusahaan ini terlihat bahkan sampai sekarang. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan Bontang sebagai sebuah kota dipengaruhi oleh pasang-surut perusahaan di Bontang, bahkan mungkin pendapatan daerah Bontang paling banyak didapat dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Pipanisasi Bontang – Semarang
Adalah wacana pipanisasi antara Bontang dengan Semarang (BdS)yang membuat geger masyarakat disini. Adanya pipanisasi BdS membuat perusahan konsorsium tadi akan tidak berfungsi sama sekali dan berakibat dengan tutupnya perusahaan. Hal ini kemungkinan besar juga akan berdampak pada suplai ke perusahaan-perusahaan pemakai gas, belum lagi dampaknya kepada perekonomian daerah Bontang. Dipastikan sebagian besar perdagangan akan luluh lantak bila memang hal ini terjadi. Kemungkinan besar pada saat gas di Bontang kering, bontang pun akan menjadi kota mati.

Sisi lain pipanisasi
Beberapa orang yang saya ajak ngobrol mengenai pipanisasi, hampir semuanya bilang bahwa proyek itu adalah proyek gila, terlebih karena memang magnitude dari proyek ini yang besar sekali, kita bicara mengenai pipanisasi dua titik yang dipisahkan oleh sebuah laut. Pipanisasi ini –bila memang jadi- berarti membuat sebagian besar pipa berada di bawah laut, anda semua bisa tanya teman anda yang lulusan sipil berapa biaya pembuatan dan pemasangan pipa bawah laut melewati Laut Jawa, belum lagi pengelasan bawah lautnya dan hal-hal lainnya.
Semua ini hanya untuk mengirimkan gas mentah ke Pulau Jawa tepatnya Semarang. Dengan keuntungan dari pipanisasi baru diperoleh setelah 20 tahun*, yang benar-benar membuat saya kaget adalah persediaan gas di bontang hanya cukup untuk 10 tahun* kedepan sebelum akhirnya kering. Bila kita hitung-hitungan sederhana saja kita bisa tahu bahwa proyek ini sepertinya adalah proyek rugi karena ada gap 10 tahun setelah gas di Bontang kering yang harus diganti. Suatu hal yang patut disayangkan bila kemudian rakyat Indonesia lah yang harus menanggung beban kerugian seperti ini.

Penutup
Itulah kota Bontang dengan segala problem yang menghantuinya. Sebuah kota kecil yang tampaknya bersemangat untuk berkembang dan maju tapi tampaknya bergantung sekali dengan persediaan sumber daya alam di daerahnya. Semoga berbagai problem yang menghantui Bontang bisa menjadi wacana bagi semuanya.

* angka 20 tahun dan 10 tahun didapat hanya dari percakapan dengan beberapa orang yang saya temui dalam suasana informal. Tidak ada data yang bisa saya kemukakan untuk membackup angka diatas, tapi sebagai catatan, semua orang yang melakukan percapakan memang bilang bahwa umur eksplorasi gas di Bontang lebih pendek dari umur mencapai keuntungan dari pipanisasi

.

Why there is no picture in this article?

On March 2008, anthronic.com account server that was hosted by singcat, freeze by their data center. The reason was because there are many spam account originate from my account server, probably because singcat was hosting a lot of spam account in the same server as I am, meaning that because of those spam accounts, all legitimate account was also terminated including mine. To make matter worse, I don't have any access whatsoever into my data that was stored in my account, although luckily I can rebuild SQL database from the backup (that's explain why you still see the article but not the picture).

That is the reason why you see no picture in this article; it was because I didn't have the original picture that goes along with the article. Of course several pictures can be restored from my offline draft but I’m afraid some pictures will never be recovered. I hope you understand this completely and I'm sorry for this troublesome fact.

Kenapa tidak ada gambar di artikel ini?

Pada Maret 2008, akun anthronic.com yang dihosting oleh singcat dibekukan pihak data center singcat. Alasannya server tempat anthronic.com ditempatkan telah menjadi server spam. Akibatnya semua akun yang tidak terlibat apa-apa dengan hal ini juga ikut dibekukan termasuk milik saya. Lebih parah lagi saya tidak punya/tidak diberikan akses apapun untuk bisa mengambil data yag telah disimpan di akun tersebut termasuk file gambar, walaupun syukurnya saya masih bisa mengembalikan SQL databasenya (itu menjelaskan kenapa anda bisa melihat artikelnya tapi tidak bisa melihat gambarnya).

Walaupun sebagian kecil gambar bisa dikembalikan, saya pikir tidak ada kemungkinan untuk bisa mengembalikan sebagian besar gambar yang lain.Saya harap anda semua mengerti hal ini dan saya minta maaf atas kejadian ini.

Regards,

Andrianto Hapsoro

ps: All image path still retain its original path, so if you ever though I copied and paste the article from somewhere else, think again you fuckhead!

this link will make you understand better:

Comment

25 Jul 2006//19:30

aku blum pernah ke sana.
baru pulau jawa dan bali aja.

pengen coba kesana kali ya? hihihi

25 Jul 2006//19:30

coba aja dats, makanan lautnya enak, lagipula banyak orang jawa disana, jadi rasa makanannya juga mirip-mirip kayak disini.

25 Jul 2006//19:30

maksudnya banyak restoran yang kokinya orang jawa, gitu

25 Jul 2006//19:30

Bontang salah satu kota yg suatu waktu ingin saya kunjungi...kali ini ada promosi bagus lagi :D, kecuali soal gas itu :{

25 Jul 2006//19:30

buruan mas, keburu Bontang sudah jadi kota mati :P (karena gasnya abis)

25 Jul 2006//19:30

*uhuk* mengenai offshore pipeline, pulau sumatra, batam & singapura sudah dihubungkan dengan pipa gas lho om! malah pas naruh pipa, sekaligus naruh FO(fiber optic).
nah kalo pihak˛ yang merasa berkepentingan macem perusahaan listrik, telecom, pipeline dsb-lah nyadar...mereka seharusnya bisa bikin masterplan bareng tuh, jadi jalur bawah laut teratur dengan rapi

25 Jul 2006//19:30

@oón
Bukan masalah ada atau tidak adanya pipanisasi yang saya permasalahkan, tapi pada masalah akuntabilitasnya, apakah worth it atau tidak? kecuali bila misalnya kemudian sebuah perusahaan telekomunikasi menambah investasi, lalu biaya pipanisasi menjadi lebih kecil tapi kembaliu lagi, apa perlu kabel serat optik antara kalimantan dan jawa?
karena perlu dana besar sekali untuk pipanisasi,yang akan melubangi RAPBN kita, thats all :)

26 Jul 2006//19:30

bontang nggak akan jadi kota mati kok... :-)

27 Jul 2006//19:30

hehe, kuncennya kalimantan udah ngasih komen nih :P

10 dewi

07 Aug 2006//19:30

hahhaha.....kYa'nya boNtang g segitu2nya dech.emAnk koTanya beRsih, tPI org2nya, walikotanya, de eL eLnya pada g beRsiH..saiia tiNggal di bontang....

11 dewi

07 Aug 2006//19:30

makSudnya ancaman di baLIknya tuH apaan??

12 anto

07 Aug 2006//19:30

@dewi
maksudnya ancaman bahwa nanti bontang bisa (ditakutkan) menjadi kota mati setelah produksi gas disana habis, dan perusahaan-perusahaannya pergi dari sana. semoga ini tidak terjadi :)

13 Goio

08 Aug 2006//19:30

proyek pipanisasi Bontang-Semarang kayaknya lebih banyak kontra-nya daripada pro-nya deh... panjang bener diskusinya di milis migas...

oh iya, info dari samping... setelah gasnya habis, mungkin jadi tambang batubara tuh bontang... seperti sangatta :D

btw, ke BPN kok kagak bilang2 ama anak2 Nto? kan ada si Scoob M01? ...apa beneran sekedar langsung lewat sajah?!?

09 Aug 2006//19:30

emang scoob M01 ada di bontang? Total ada di bontang? btw pas itu emang gak sempet ketemu anak2 soalnya gak ada yang kerja disana :P

15 Goio

09 Aug 2006//19:30

Duh... aku ulangin kata2ku ya: "btw, ke BPN kok kagak bilang2 ama anak2 Nto? kan ada si Scoob M01? ...apa beneran sekedar langsung lewat sajah?!?" ... jadi yang aku maksud itu BPN (Balikpapan), bukan Bontang ... Scoob kan ada di BPN .. bisa dimengerti?

09 Aug 2006//19:30

oh gitu, hehe ya maap dong ah, iya langsung lewat, jam 9an nyampe langsung disambung sama pesawat (perusahaan gas di bontang) (pramugarinya cantik loh :D)sekitar jam 11nya, jadinya gak sempet kemana2, eh tapi sempet muter2 sebentar sih, kota BPN itu bersih buanget goy, Bandung-mu kalah tuh :P

17 Goio

09 Aug 2006//19:30

Ngebandingin kok sama Bandung sih hehehehe .. yah begitulah... bersyukur juga sempet ngerasain tinggal di sini (BPN) selama setahun lah... siapa tau di masa yang akan datang bakalan bisa balik lagi ke sini. Aminnn...

18 emma

11 Aug 2006//19:30

Wah......gw jd pengen kebontang ni?masalahnya gw py pacar orang bontang,jd pengen cepet nikah ma dia biar diajak kebontang ngelihat pemandanganya yang katanya seperti surga dunia he...he..

19 emma

11 Aug 2006//19:30

eh klo py foto-foto pemandangan bontang kasih dong ke gw kirim di emailku thnk

12 Sep 2006//19:30

kalu boleh tau bener gak kalo dibontang itu putra daerah lebih diprioritaskan dibandingkan dengan non-putra daerah?

19 Sep 2006//19:30

Saya lahir dan sekolah di Surabaya, Tahun 1987 saya masuk kota Bontang yang masih hutan belantara.
Sampai hari ini berarti sudah 19 tahun saya tinggal di Bontang. 2 Anak saya kelahiran Bontang. Kriteria putra daerah itu apa ?
Karena yang protes pada umumnya LSM kagetan yang hanya memanfaatkan situasi.Di Bontang tidak ada putra daerah. Semua pendatang yang cari makan.

24 Sep 2006//19:30

uhuk uhuk ikutan sedih deh kalo' 'tul bontang jadi diambil gasnya, dewi paling btul tu - bontang emang kota kecil tapi memiliki APBD yang buasssaaarr sekali, nah sayangnya tu uang dibagi-bagi antar mereka aja tu yang namanya aparat pemerintah..aji mumpung lagi menjabat

25 Sep 2006//19:30

@Zino
mungkin maksudnya bahwa ada perlakuan istimewa baik itu disengaja atau tidak antara orang yang asli daerah dengan yang pendatang

@siacok
kalau memang benar seperti itu, maka itu menakutkan sekali

15 Nov 2006//19:30

belum lama ini saya ke bontang, yang saya dapati di sana banyak perantau dari jawa, termasuk penjual pecel lele khas lamongan, tapi bedanya harga pecel lele di sana 10.000, gak kayak di jogja 3.000 sudah dapet, sama-sama kenyang. artinya wajar saja kalo' di bontang biya hidup mahal. untuk masalah pipanisasi..sebodo amat dengan pipa sepanjang itu mending kita urusin pipa-pipa darah di dalam tubuh kita yang mungkin jumlahnya bisa jutaan yang kalo' salah satu aja putus bisa error deh kita kalo' gak buru-buru diobati, sekian and thanks a lot

25 heni

05 Dec 2006//19:30

gw emang belum pernah ke bontang, cuma pernah tinggal di balkpapan. yang jelas kalo di luar jawa terutama di kalimantan yang APBDnya besar, kota2nya rata2 bersih dan rapi.kualitas hidup penduduknya tinggi sebab pemdanya cukup peduli ama penduduknya.ngga kayak di jawa, pemdanya 'bodo amat'.mungkin karena kebanyakan penduduk kali ya hehehe

23 Dec 2006//19:30

yang jelas,proyek tersebut di ambil tanpa sepengetahuan n persetujuan warga KALTIM..knp tiba2 ada pemenang tender,pada saat masyrkat bontang sedang menikmati pesta demokrasi "PILKADA"!!bayangkan besi2 tua yang harganya 22 milyar akan sia2,alasannya utk menyerap tenaga kerja tp pada saat selesai pengerjaan pipa, pst nganggur lagi,blum lg permasalahn geologis indonesia yang mash senang "menari"..dana perimbangan dr pusat pun akan berkurang akhirnya kota bontang tinggal sejarah,seperti halnya kota sanga-sanga di samarinda!!!katanya untuk kepentingan nasional..truz warga kaltim bkn kepentingan nasional??satu solusi,pindahkan industri di jawa ke kalimantan n sulawesi aja biar kami merasakan pemerataan pembangunan!!baru aja sedikit kami ngerasaain pembangunan...ehhh,mau diambil lg...dasar kapitalisme..go to hell

22 Feb 2007//19:30

Emang bener tuh, balikpapan memang oc banget.bersih & rapih...
mas, tolongin saya dong. saya ada rencana ke bontang dalam waktu dekat ini. kalo lewat udara dari bandara sepinggan saya harus naik pesawat apa ya? kira kira biayanya berapa? kalo ada, jadwalnya juga....... thx u sebelumnya. kirim via email boleh ke: christy_wjy@yahoo.com

28 osoz

07 Mar 2007//19:30

bontang... i was born there...
full wid peace...
eventhought there are nothing there...
but bontang always full of fish...
specially marina..
looking for place where a much liquid.. the answer's PT.Badak.

09 Mar 2007//19:30

WE LOVE BONTANG!!!
emang bener kota bontang kota nyaman + kota TAMAN.kami punya impian kota bontang di masa yang akan datang benar2 memiliki TAMAN di tengah2 kota sperti slogannya. maju terus Bontang jangan mau kalah dengan kota2 lainnya di kaltim. klo Tarakan ingin jadi "Singapur yang kedua", Bontang juga bisa.
eit.. satu lagi, bwat para pemerintah kota. para siswa2 dan mahasiswa harus terus di perhatikan, karna masa depan bontang ada pada mereka.

17 Mar 2007//19:30

uhuhu.. jadi kangen my home town nii.

sekarang aku lagi kuliah di ugm. suasana jogja kan beda bgt ma bontang... (ya iyalah).

di sini susah bgt nyari makanan laut yg enak dan murah! bener2 menderita batin nih. hehe. soalnya aku suka bgt ma sea food (maknyus kan kepitingnya?!! huh. jadi ngiri).

oh iya, ini blog oye juga. khusus di posting yg ini... thanks dah muji2 bontang (dan mengabaikan fakta bahwa di kotaku itu blom ada mall atau bioskop, hehe)

bontang emang "homy" bgt! ayuk ayuk kunjungi kota sayaaa.....

31 emol

10 Apr 2007//19:30

wah.. tulisannya menarik pak..
ditunggu liputan perjalanan ke kota lainnya ;)

salam,

22 May 2007//19:30

g tau kenapa klo bercerita ttg kota bontang ku yg tercinta,, tiba2 air mata ku menetes begitu saja.. mgkin krena rsa kngen yg pling mendalam kali yah..
kota bontang tuch kota yg pling asyik,nyaman,tentram,sejaterah,n istimewa sekali bwt saya.. sya lahir n besar di bontang n saya skrg lagi kul di surabaya.. rsax ingin cpat2 libur biar bsa plang ke bontang lgi..
sebulan saja tinggalin bontang rsanya seperti seratus tahun tinggalin bontang..
I LOVE N MISS U BONTANG..

25 May 2007//19:30

Bontang emang Asyik sekali saya tinggal di Jl Bali No 4 DD BTN KCY Bontang Selatan, smuanya serba hasil dari laut, bagi yang berminat mau jalan-jalan ke bontang hub saya ke no 08125506290, nama saya saut

25 May 2007//19:30

Bontang emang Asyik sekali saya tinggal di Jl Bali No 4 DD BTN KCY Bontang Selatan, smuanya serba hasil dari laut, bagi yang berminat mau jalan-jalan ke bontang hub saya ke no 08125506290, nama saya saut

35 BaDi

25 May 2007//19:30

Gw lahir dan besar di Bontang ampe SMP (1986-2002) SMA ke Jawa dan skrg kuliah di Jakarta..
Gw baru ngerasa banget gw kayak kehilangan hometown buat gw untuk pulang karena bokap udah pensiun 2005 kmrn ..
Kangen banget sekangen-kangennya sama bontang, the heat of the sun, the big torch, the marina, the 'pelabs" (lol), the forest in the center of the complex, the sea breeze ,,, everything from its little thing .. i missed all that moment with my friends during my school time,,,huhh ..
Kalo ada yang bisa nge post in ato ngirimin foto2 kompleks Badak please yah ,, miss like hell .. lol =)

16 Aug 2007//19:30

Mohon informasi, rencana saya mo ke bontang, trus klo mo ketarakan berapah jauh dari bontang ? rusendra@yahoo.com
tks

37 anas

19 Aug 2007//19:30

salam, bontang sekarang sudah banyak kemajuan,,,saya dari bontang sangt salut atas kemajuan dibontang,...jaya terus bravo pak walikota n warga bontang semua

19 Aug 2007//19:30

salam, jayalah bontang

39 nidz

22 Aug 2007//19:30

Bontang... Mizz U..lahan buat kerja,,ahahahahaha..

40 iwan

19 Oct 2007//19:30

Bontang itu Kota Bon dan Hutang....,
disana masyarakatnya sukanya kalau belanja yang kredit - kredit aja....

08 Nov 2007//19:30

fiuh..bontang jd bersih bgt skrg..
duh,kayaknya bontang gak mgkin jd kota mati deh,,ntar lagi jg jadi kok pabrik amonium nitratnya..so jgn takut ke bontang yah !!
my luph city

42 liza

09 Nov 2007//19:30

hai sahabat2ku di bontang apa kaabar?
Bontang itu walau kota kecil tapi nyaman banget ko.
uda lama nih ga ke bontang. Miz u so much my hometown....

20 Nov 2007//19:30

i v u Bontang, Bontang is my village, i must back to you if i succested, now i am studying and i will research about nature plant medicine pasak bumi (Eurycoma longifolia Jack),

01 Dec 2007//19:30

Saya orang bontang..bontang memang bersih...tapi apakah wlikotanya bersih??kayaknya tidak!!!

18 Dec 2007//19:30

go bontang go !!saya lahir dan besar di bontang, mnurut pengalaman saya stiap pengunjung yg ke btg, pasti bakalan balik lagi ke bontang,kata mreka seh, bontang jtu memberikan kenangan yg ga terlupakan ,baik manis maupun buruknya, sy skrg di samarinda kulia di stmik , i miss you my hometown

22 Dec 2007//19:30

terima kasih atas segala pujian dan kritikan terhadap kota bontang. sebagai suatu kota yang baru dimekarkan lewat agenda nasional "otonomi daerah" kota bontang mencoba untuk maju dengan segala apa yang dimilikinya.

22 Dec 2007//19:30

Sejarah Kota Bontang

Dalam perjalanan sejarah, Bontang yang sebelumnya hanya merupakan perkampungan yang terletak di daerah aliran sungai, kemudian mengalami perubahan status, sehingga menjadi sebuah kota. Ini merupakan tuntutan dari wilayah yang majemuk dan terus berkembang.

Pada awalnya, sebagai kawasan permukiman, Bontang memiliki tata pemerintahan yang sangat sederhana. Semula hanya dipimpin oleh seorang yang dituakan, bergelar Petinggi di bawah naungan kekuasaan Sultan Kutai di Tenggarong. Nama-nama Petinggi Bontang tersebut adalah: Nenek H Tondeng, Muhammad Arsyad yang kemudian diberi gelar oleh Sultan Kutai sebagai Kapitan, Kideng, dan Haji Amir Baida alias Bedang.

Bontang terus berkembang sehingga pada 1952 ditetapkan menjadi sebuah kampong yang dipimpin Tetua Adat. Saat itu kepemimpinan terbagi dua: hal yang menyangkut pemerintahan ditangani oleh Kepala Kampung, sedangkan yang menyangkut adat-istiadat diatur oleh Tetua Adat

Jauh sebelum menjadi wilayah Kota Administra­tif, sejak 1920, Desa Bontang ditetapkan menjadi ibu kota kecamatan yang kala itu disebut Onder Distrik van Bontang, yang diperintah oleh seorang asisten wedana yang bergelar Kiyai.

Adapun Kyai yang pernah memerintah di Bontang dan masih lekatdalam ingatan sebagian penduduk adalah: Kiyai Anang Kempeng, Kiyai Hasan, Kiyai Aji Raden, Kiyai Anang Acil, Kiyai Menong, Kiyai Yaman, dan Kiyai Saleh.

Sebelum menjadi sebuah kota,status Bontang meningkat menjadi kecamatan , dibawah pimpinan seorang asisten wedana dalam Pemerintahan Sul­tan Aji Muhammad Parikesit, Sultan Kutai Kartanegara XIX (1921-1960), setelah ditetapkan Undang Undang No 27 Tahun 1959 tentang pembentukan Daerah Tk II di Kalimantan Timurdengan menghapus status Pemerintahan Swapraja.

Pada 21 Januari 1960, berdasarkan UU No 27 Tahun 1959 , dalam Sidang istimewa DPRD Istimewa Kutai, Kesultanan Kutai dihapuskan dan sebagai gantinya dibentuk Kabupaten Daerah Tk II Kutai yang meliputi 30 kecamatan. Salah satu kecamatan itu adalah Bontang yang berkedudukan di Bontang Baru, meliputi beberapa desa, yaitu Desa Bontang, Santan Ulu, Santan Ilir, Santan Tengah, Tanjung Laut, Sepaso, Tabayan Lembab, Tepian Langsat, dan Keraitan.

Bontang kemudian mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal itu mulai terlihat pada 1975, yang disebabkan karena dijadikannya Bontang sebagai daerah industri. Pada 1974 berdiri PT Badak yang mengelola industri gas alam. Tiga tahun kemudian, 1977, menyusul berdirinya PT Pupuk Kaltim yang mengelola industri pupuk dan amoniak.

Dengan kemajuan yang begitu pesat karena adanya pembangunan sarana dan prasarana yang berskala nasional, bahkan internasional, Pemerintah Daerah mempertimbangkan peningkatan status Bontang dari Kecamatan menjadi Kota Administratif yaitu melalui Peraturan Pemerintah No 20 Tahun 1989. Dengan demikian dibentuklah wilayah kerja Pembantu Bupati Kepala Daerah Tk II Kutai Wilayah Pantai Kecamatan Bontang akhirnya diusulkan Gubernur Kaltim untuk ditingkatkan menjadi Kota Administratif (Kotif).

Pada 1989, dengan PP No. 22 Tahun 1988 Kecamatan Bontang disetujui menjadi Kota Admin-istratif dan diresmikan pada 1990 dengan membawahi Kecamatan Bontang Utara (terdiri dari Bontang Baru, Bontang Kuala, Belimbing, Lok Tuan) dan Selatan (Sekambing, Berbas Pantai, Berbas Tengah, Satimpo, dan Tanjung Laut). Pada 12 Oktober 1999, Kotif kemudian berubah menjadi Kota Otonom, berdasarkan Undang Undang No 47 Tahun 1999.

Guna melaksanakan tugas kepemerintahan saat itu ditunjuk Drs Ishak Karim sebagai Walikota Kotif Bontang yang pertama. Sebagai perkembangan dari Daerah Tk II Kabupaten Kutai, maka melalui Undang­Undang No 47 Tahun 1999 tentang pemkatkan menjadi Kota Bontang. Sebagai pelaksana tugas ditunjuk Drs Fachmurniddin yang melaksa­nakan tugas kepemerintahan dan pelaksanaan persiapan pemilihan walikota definitif.

Sebelumnya juga telah dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang oleh Walikota melalui penetapan calon yang diajukan oleh masing-masing partai berdasarkan perolehan kursi pada Pemilu 1999. Setelah persyaratan anggota dewan terpenuhi, maka ditetapkan dan dilantik para anggota dewan yang terdiri dari 25 orang dengan ketua H Rusdin Abdau.

Walikota Bontang pertama dari pemilihan anggota dewan itu adalah dr H Andi Sofyan Hasdam, SpS dari Partai Golkar dan H Adam Malik sebagai Wakil Walikota yang berasal dari PPP. Mereka dilantik dan diambil sumpah jabatan pada 1 Maret 2000

22 Dec 2007//19:30

semuanya ada disini
KOTA BONTANG.

49 Nisa

11 Feb 2008//19:30

Bontang Quw t'cinta.... I miss U... Waah udh hmpir setaon nee Quw kgak maen k Bontang! G s4 c.... Hikz.... Bontang, How Are U today?? Huuhuu.... Quw pengen plng k bontang!! Tp kpan?? CekolaanQ lom libur c! Wahai,, para alumni SMP YPK! Kpan ni qta reunian??

19 Mar 2009//19:30

Kehdpan Bontang sdh Mmbri Q bnyk pnglmn N hri2 Q pnuh Cnta

51 Ungu

24 May 2009//19:30

Bontang itu kota 2 alam, hihi banyak dedemitnya kalo malam, mungkin karena hutannya digundulin trus tanahnya dijualin sampe kedalamnya yg itutuh yg item-item, jadi dedemit pada ngungsi, ih serem ga kebayang kalo mereka suatu saat pada demo ke P? minta tanahnya dibalikin!!'
iH serem,,,
(Moyang-cicit dedemit ditunggu demonya!)

26 Aug 2009//19:30

bontang bukan sza penghsiil gas .
tp , d sni . d kota inilah sumber para penerus bangsa yang berpotensii ..
apa ketika d bontang tidak melihat dri segi pendidikan ?
setidaknya pendidikan yang dibangun oleh perusahaan tersebut ..
msi bnyak sisi positif yang bisa dilihat dri kota bontang ini .
jadi , berkunjunglah k sni .
kota kecil , dgn berjuta penilaian positif d dalamnya ..

*hnya comment dri artikel nya .

53 han

29 Dec 2009//19:30

ahhhh bicarain bontang antara malas dan jengkel....isinya cuman lsm demo minta kerja gak tahunya cuman minta duitttttt kalau bicara kayak dosen tapi kalau dah diterima ujung2nya duit, yang satu kebagian dah pergi yang satu belum kebagian demo terus. Goto hell LSM. Bontang ada yg nyaman tapi kebanyakan isinya cuman preman doang. Padahal ya cuman pendatang doang gimana nih...

54 ofi

07 Feb 2010//19:30

proyek itu gak mungkin terjadi karena hanya akal akalnya pemerintah aja, saya oarang bontang, kalo misal proyek itu dilakukan maka kota samarinda dan balikpapan akan kena dampaknya kaltim bisa bisa kayak kota mati dan kembali kayak jaman batu,sebagian pendapatan orang samarinda juga di dapat dari bontang karena banyak orang bontang yang wisata di kota samarinda,jika bontang tutup maka banyak yang pualng kampung karena sebagian besar orang bontang adalah orang pendatang, makanya disan kalo ngobrol sama orang pasti makai bahasa indonesia jarang yang menggunakan bahasa daerah, pipanisasi juga sangat beresiko karena gas alam cair ini sangat riskan meledak jika di baawha laut maka pengecekan susah dilakukan ok, itu mustahil

22 Oct 2010//19:30

tolong pemerintah kota bontang pusat2 hiburan didirikan sehingga kota bontang tidak menjadi kota mati sehingga orang dari luar daerah bisa menikmati kota bontang jangan mengandalkan 2 perusahaan besar PT.BADAK NGL DAN PT.PUPU KALTIM karna tidak selamanya sumber daya alam akan ada semua akan berkurang lama kelamaan akan habis jadikanlah kota bontang kota kecil yang indah dan megah sehingga investor tertarik menanamkan modalnya...selama ini investor takut menanamkan modalnya di bontang dikarnakan setiap usaha yg dibangun sangat susah untuk berkembang...sekian dan terima kasih saya sangat merasakan dampaknya

07 Sep 2012//19:30

Bontang...gua besar di sana. dari TK ampe SMP terus merantau ke jawa...MISS u So MUCH...rencana minggu depan aku balik ke sana ...udah nggak sabaran...kapan nich...reunian SMP YPK BOntang...woi...kirim berita ke emeilku donk...andreastimbang@yahoo.co.id...ok...

Due to spam, Comments will be moderated after article reach 45 days old!

More about this page:

You reading "Bontang, Kota kecil yang bersih dan ancaman besar dibaliknya" a web journal entry that published on Tuesday (08:00:00), 25 July 2006 by Andrianto hapsoro and put in Life category.

This article consist of 1,254 words and you are seing version 1.1 (view change), there are 6751 person(s) reading this article, leaving 56 Comments so far.

Permalink:

If you want to link this article, use this permalink

Last Project Entry

Nucleus Core is my newest attemp to buid a generic, easy to use but nice blog theme for NucleusCMS, using only html, css and some plugins framework as a baseline
Mengingat yang namanya maintenance record dari sebuah mobil adalah hal yang mutlak ada, maka saya berinisiatif untuk membuat sendiri buku maintenance record untuk Peugeot saya yang lebih baik dari buku generik yang sudah ada. Ini adalah hasil desainnya
Desainnya sederhana, menggunakan teknik "back minus front" di Coreldraw untuk mendapatkan efek "lama". Gambarnya di render ulang dari sumber di Internet.
Beberapa sample desain yang saya buat untuk Tribute Distro, label milik teman kostan saya, Aulia CP :)

My Voice

  • andrianto berbagi follow me at twitter (link)

at Plurk

    No items available

Archives/

Search by time

You can search my entire archive using time related parameter.

<   July 2014   >
MonTueWedThuFriSatSun
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   

Search by context

If you try to be more specific, use the search form or category list.

Best Bundled

If you find my articles interesting enough, maybe you would like to see my bundle story.

101 tips and trick
web design made easy
nucleus CMS

Photos

Merayakan acara tahunan ulang tahun, Kakak, Ibu, saya dan Ibunya Iges, di Hanamasa cibubur, acaranya sendiri cukup rame mengingat hanya keluarga kecil yang datang dan pastinya diakhiri oleh rasa kenyang yang berlebihan :D
Acara Resepsi Thia - Eja, PTIK 28 Desember 2008
Buka Puasa M01 2008 di Duck King pelangi yang agak terlalu cepat selesai karena PIC-nya mau belanja lebaran, hihihi
Beberapa waktu lalu saya pernah liburan di garut bersama keluarga, walaupun Garut terdengar suatu daerah yang jauh dari hingar bingar kota besar, Garut ternyata adalah kota yang cukup rapi dan didalamnya terdapat beberapa hotel bintang 3.. great vacation if I may said.
Sedikit kenangan tentang Lebaran 2008, rutinitas yang sama, tapi tetap enak untuk dijalani, halah bahasanya :))
Sebenarnya sebagian besar foto-foto ini sudah ada di Facebook, saya hanya ingin menampilkan sisi lainnya saja, terutama dari sisi teman-teman among tamu dan beberapa lainnya